Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Integrasi Pendidikan Agama untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Muhammadiyah MBS Weleri Kendal
Keywords:
Achievement, Information Technology, Learning Outcomes, Religious Education, Time ManagementAbstract
Information technology in the near future is indeed experiencing a very drastic change towards progress so that it needs to be utilized properly. By utilizing information technology combined with religious education, it will have a positive impact in improving academic and non-academic achievements. There are still many people who have difficulty in managing time so that more time is used towards information technology than towards religious education. By harmonizing the two in balance, humans will become lucky creatures. The purpose of this community service activity is to provide training to students of SMA Muhammadiyah MBS Weleri to be able to utilize information technology combined with Islamic religious education taught at school to achieve good achievements. Participants in this service are XII grade students at SMA Muhammadiyah MBS Weleri who will later face school graduation exams. So the need for time management so that they can divide their time well. The results of this community service are able to provide scientific knowledge in utilizing cellphones properly and wisely for reminders of both religious and learning activities.
References
Aman, M., Sasono, I., Tiara, B., Widodo, A., Wiyono, N., Iskandar, J., ... & Yanto, A. (2024). Sosialisasi pemanfaatan teknologi informasi bagi siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Abdimas Universitas Insan Pembangunan Indonesia, 2(1).
Bakri, U., & Satria, O. (2025). Pendampingan pemanfaatan teknologi informasi dengan aplikasi Quiziz dalam pembelajaran bahasa Inggris di SMA Islam Arahamniyah Desa Mujur Kecamatan Praya Timur: Assistance in the utilization of information technology with the Quizizz application in English language learning at Arahamniyah Islamic High School, Mujur Village, Praya Timur District. Al-Tafani: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 12–20.
Ekarini, F., Supraptono, E., Nashiroh, P. K., Ristanto, R. D., Maulana, M. A., Haidar, A. I., & Idamawarti, I. I. (2024). Pelatihan pemanfaatan teknologi informasi untuk menunjang asesmen pembelajaran kurikulum merdeka di SMKN 1 Kalinyamatan. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(2), 200–207.
Huda, N., Istiawan, D., Masitha, A., & Mahiruna, A. (2024). Meningkatkan keterampilan profesional mahasiswa: Strategi penguatan soft skills untuk sukses di era digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains dan Teknologi, 3(4), 162–174.
Kaikatui, R. N., & Rahayu, T. K. (2024). Digitalisasi sekolah pada SD YPK Ermasu Merauke melalui pengenalan dasar komputer teknologi informasi dan komunikasi. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 4(2), 477–484.
Liesdiani, M., Faulina, R., & Aini, N. (2024). Pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif dengan memanfaatkan teknologi. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 5099–5103.
Mahiruna, A., Riansyah, R., & Wardana, A. Y. E. (2024). Optimalisasi media sosial YouTube sebagai media berwirausaha. Jurnal Atma Inovasia, 4(5), 190–194.
Maulina, N. (2024). Perkembangan teknologi dalam perspektif pendidikan agama Islam. Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.58794/sumur.v2i1.602
Muslikhun, A., Rowiyani, R., & Mukhlidin, M. (2024). Pemanfaatan aplikasi Get Contact untuk mengurangi tingkat penipuan jual beli online (Pelatihan kepada pelaku UMKM di Desa Margosari Limbangan Kendal). Jurnal Pengabdian Masyarakat Intimas (Jurnal INTIMAS): Inovasi Teknologi Informasi dan Komputer untuk Masyarakat, 4(1), 55–62.
Muslikhun, A., Rowiyani, R., Mukhlidin, M., & Anissa'adah, K. A. (2024). Kombinasi aplikasi Canva dan Pixlr dalam memaksimalkan konten di media sosial: Pelatihan pada pelaku UMKM di wilayah Kelurahan Ngaliyan. Jurnal Pelayanan Masyarakat, 1(2), 47–55.
Mustika, H., Syaftinentias, W., Wahyuningsih, D., Ningsih, S. Y., Fitri, R., Hartati, Y. F., & Novita, L. (2024). Implementasi teknologi dalam pembelajaran untuk meningkatkan karakter unggul siswa MTs Al Hidayah di era digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(11), 2799–2804.
Navastara, D. A., Suciati, N., Fatichah, C., & Tjandrasa, H. (2023). Pemanfaatan teknologi informasi dalam penyusunan materi pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada SDN Sutorejo I/240 Surabaya. Sewagati, 7(6), 880–886.
Rahmawati, L. S., Maknunah, J., & Prasetyo, A. (2024). Peningkatan pengetahuan teknologi informasi dan komunikasi bagi siswa Madrasah Aliyah Nurul Huda Ngajum Malang. JMM–Jurnal Masyarakat Merdeka, 6(2), 114–122.
Rowiyani, R., Mahiruna, A., Soleh, K., Suprayitno, M. R., & Putra, B. M. C. (2024). Dampak media sosial Shopee terhadap pendapatan bisnis online. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara (JPMN), 4(1), 17–22.
Safaat, Y. (2025). Penerapan manajemen waktu dan penerapan konseling individu untuk mengurangi prokrastinasi akademik di SMK Miftahul Huda Kendal. SAFARI, 5(1), 28–34.
Salisah, S. K., Darmiyanti, A., & Arifudin, Y. F. (2024). Peran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik di era digital: Tinjauan literatur. Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 36–42. http://jurnal.tarbiyah.stainsorong.ac.id/index.php/al-fikr
Serianti, P., TB, D. R. Y., & Albar, R. (2024). Peningkatan literasi digital siswa SMA melalui pelatihan pemanfaatan teknologi informasi di era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Inotec, 6(1), 45–50.
Setiawati, I., Rifa’i, M. R., Ikmah, A. D., Chusna, P. A., & Arisiana, T. (2024). Pelatihan penggunaan teknologi informasi bagi orang tua dalam mendukung pembelajaran anak. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 7912–7917.
Sulistijanti, W., Muslikhun, A., & Nasihin, M. (2024). Cultivation of Islamic education values in orphanage children. JIE (Journal of Islamic Education), 9(2), 600–614.
Sutopo, S., Haryani, H., Muslikhun, A., & Diana, C. M. (2024). Meningkatkan promosi penjualan melalui pemanfaatan aplikasi Canva pada pelaku UMKM di Kelurahan Sambiroto, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Svarga Pena: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 42–52.
Trismawati, T., Astuti, A. P., Bahri, M. S., Basit, A., Indrati, W., Putri, F. R. A., ... & Safira, M. (2022). Adaptasi teknologi informasi pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas keberhasilan pembelajaran daring di SDN Sumber Wetan 1 Probolinggo. Jurnal Abdi Panca Marga, 3(1), 46–50.
Wijaya, S. N., Harahap, P. A., Ningsih, P. A., & Khairani, N. (2024). Implementasi terhadap teknologi informasi dan komunikasi dalam penguatan nilai-nilai Islam di Pesantren Daarul Putra Madinah. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains dan Teknologi, 3(4), 290–297.
Yulianto, S., Ambarwati, A. N., Ikhtiyar, Z. B., & Mahiruna, A. (2025). Penerapan manajemen waktu dan penerapan konseling individu untuk mengurangi prokrastinasi akademik di SMK Miftahul Huda Kendal. SAFARI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 5(1), 28–34.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Karawo : Journal of Community Service (KJCS)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.